Thursday, June 7, 2012

Profil Sebastian Gunawan

PERSONAL

Sebastian Gunawan lahir di Jakarta, 2 Juli 1967. Ia dikenal sebagai salah satu desainer terbaik Indonesia. Pria yang kerap dipanggil dengan nama Seba ini menempuh pendidikan desain di Susan Budiarjo Fashion School lalu pindah ke Los Angeles dan melanjutkan pendidikannya ke Instituto Artistico Dell Abbigliamento Maragoni, Milano, Italia. Seusai belajar fashion di Italia, ia kembali ke Indonesia dan meluncurkan rancangan gaun mewahnya di bawah nama Sebastian Gunawan.

Sebastian menikah dengan Cristina Panarese dan memiliki seorang putri. Bersama istrinya, tahun 1997 ia merintis satu label bernama VOTUM, singkatan dari Vote Of Confidence.

KARIR

Setelah merilis VOTUM, di tahun 2000 ia memperluas range produknya dengan merilis label bernama Sebastian's dan Red Label. Koleksi rancangan ini mencerminkan karakter elegan, chic dan mewah. Tahun 2004, Seba mencoba merambah desain untuk anak-anak dengan meluncurkan label terbarunya bernama Bubble Girl. Dua tahun kemudian, Seba merilis merek Sebastian Sposa yang khusus menghadirkan koleksi gaun pengantin untuk kalangan menengah atas.

Ternyata Seba tidak hanya piawai mengolah kain menjadi gaun yang cantik, ia juga mampu memindahkan keindahan desainnya yang dikenal anggun dan glamor ke dalam piranti berbahan keramik. Seba menghadirkan keangggunan renda dan bordir halus yang biasa dijumpai dalam detail gaun ke dalam rancangan keramik yang diberi namaSeba Xeramik. Desain Seba Xeramik pun tak kalah anggun dan tetap fungsional dengan sentuhan khas oriental dan Spanyol.

Setelah keramik, Seba juga mencoba peluang baru dengan mendesain perhiasan. Bekerja sama dengan Frank Duet, Seba mendesain cincin pernikahan eksklusif berlabel Everone. Cincin ini berbahan emas putih Italia berkadar 18 karat yang disatukan di bagian atasnya dengan berlian.

Berkat kerja keras, konsistensi dan kreativitasnya, Seba meraih beberapa pengharagaan bergengsi dia antaranya pada tahun 2005 ia menyabet penghargaan Best Designer Award dari Indonesian Tatler Society. Di tahun yang sama, ia juga mendesain gaun untuk diva Titi DJ dalam konser tunggalnya, juga untuk ajang Miss Asean yang akan digelar di Jakarta.

Tahun sebelumnya, Seba mewakili Indonesia dalam International Apparel Federation di Spanyol. Dalam acara bertema Global Travel Fashion tersebut, ia mendesain koleksi satu stel pakaian dengan motif unik bertajuk I Miss Bali. Dengan koleksi tersebut ia dianugerahi penghargaan IAF Young Designer Award. 

Seba tidak hanya sering menggelar peragaan busana di Indonesia. Tahun 2004 Seba membawa koleksinya dalam ajang Kuala Lumpur Fashion Week, Hong Kong Fashion Week Spring Summer dan Southeast Asia International Fashion Show di Naning, Cina. Tahun 2005, ia memamerkan koleksi terbarunya dalam Bangkok International Fashion Week Summer.

Tahun 2012 gaun rancangan Seba terpilih untuk dikenakan Dian Sastro dalam ajang Festival Film Cannes. SelainSeba, Dian Sastro juga akan mengenakan gaun rancangan dua desainer kondang lainnya, yaitu Eddy Betty dan Didit Hediprasetyo.

Saat ini koleksi Seba dapat dijumpai di:


- Sebastian Gunawan: Harmoni Plaza, Blok K No. 1, Jl. Suryopranoto 2

- Sebastiansposa: Jl. Danau Sunter Selatan, Blok E8 No. 15A
- Sebastian's: Mall Taman Anggrek, Upper Ground B15, Jl. Letjen S. Parman Kav. 21 / Plaza Indonesia, Lantai 2, No. 105 / Plaza Senayan, Lantai 1 no. 179 C 181 C
- Votum Jakarta: Seibu, SOGO, Metro, Mal Taman Anggrek & Surabaya: SOGO


No comments:

Post a Comment