Tuesday, January 26, 2016

Sambut Tahun Baru China, Sebastian Gunawan Desain Perangkat Makan Eksklusif

 
 
Jakarta - Sebastian Gunawan tak hanya piawai melukis pola sebagai gaun-gaun indah. Kini kreativitasnya ditampilkan dengan merancang di atas media lain, yakni keramik sebagai koleksi perangkat makan eksklusif terbaru.

Ini mungkin bukan yang pertama baginya membuat rancangan di atas keramik. Melihat dari perjalanan karyanya terdahulu, desainer kelahiran 1967 itu sebelumnya pernah berkolaborasi bersama perusahaan air minum untuk merancang seri botol kaca eksklusif.

Kembali menilik koleksi dinnerware dari desainer yang akrab disapa Seba, kali ini ia menyuguhkan sesuatu yang berbeda dan kaya makna. Seba membuka tahun yang baru dengan merilis koleksi dinnerware yang hanya tersedia eksklusif di Sogo Department Store.

Desainer dengan ciri khas rancangan feminin ini berkolaborasi dengan perusahaan keramik tablewear ternama, St. James. Menawarkan dua tema besar untuk set dinnerwear bergaya glamour untuk menyambut Tahun Baru China.

Tema pertama didominasi motif oriental klasik atau Chinoiserie yang identik dengan palet putih dan biru. Oleh Seba, ia memberi sentuhan palet lainnya yakni merah sebagai pelengkap warna biru. Atas paduan dua warna tadi, tema koleksi pun dihadirkan dalam judul Blue Blood atau darah biru dalam bahasa. Senada dengan nama dan desainnya yang tampak mewah dan elegan.

"Warna merah sendiri memiliki arti besar bagi orang China, menggambarkan kemewahan dan keberuntungan. Ada sentuhan emas yang melambangkan kejayaan," tutur Seba saat rilis dinnerware bersama Sogo di Tugu Kuntskring Palais, Jakarta Pusat, Selasa (26/1/2016).

Koleksi Blue Blood tersedia dalam dua perangkat, mulai dari dinner set berisi 20 item, dan juga tea set dengan 15 perangkat berisi tea pot, sugar pot hingga cake plate. Masing-masing dikemas untuk empat orang.

Tema yang kontras sengaja dibuat Seba untuk menemani rangkaian dinnerware bergaya glamour, yakni berjudul Tree of Life. Dalam dominasi warna hijau, set kali ini dikemas untuk pesta kebun atau acara minum teh yang sifatnya lebih santai. Set ini pun terdiri dari 24 perangkat mulai dari dinner plate, cake plate, salad plate, mug yang juga dibuat masing-masing empat tiap jenisnya.

"Tree of Life adalah gambaran kehidupan. Saya gambarkan dengan tanaman yang hanya daun dan kumbang. Seperti kita dan hidup. Waktu lahir kita rapuh seperti daun, seiring tumbuh dewasa semakin ada cobaan semakin kuat seperti kumbang. Ada filosofi yang kuat di baliknya," ujarnya.

Bukan tanpa tantangan mendesain peralatan makan bagi seorang Seba. Menurutnya tak semua desainnya serasi dipadukan dengan siluet keramik yang sudah dibuat oleh St. James. Ia juga perlu mempertimbangkan apakah desainnya tak akan berubah bentuk ketika dipanaskan dalam microwave dan hal teknis lainnya.

Set dinnerware dari Seba kini sudah bisa didapatkan di beberapa gerai SOGO Dept. Store. Koleksi eksklusof itu dijual mulai dari Rp 3,5 juta hingga Rp 5,8 jutaan. (als/hst)
 
Source: Sambut Tahun Baru China, Sebastian Gunawan Desain Perangkat Makan Eksklusif By Alissa Safiera - wolipop

No comments:

Post a Comment